H.Bambang Suwondo,SH,SpN,MH : Pers Harus Jaga Netralitas di Tahun Politik

Kamis, 9 Februari 2023

Kota Tangerang,- (Nawacitalink.com)

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, esok hari mendapat sambutan positif dari Bambang Suwondo S.H, S. Pn,M.H kepada awak media.

Sejumlah harapan disampaikan nya di antaranya mengenai netralitas pers nasional.

Menurutnya HPN adalah momen istimewa untuk para insan pers nasional.

“Buat seluruh insan pers tanah air, selamat merayakan HPN 2023. Semoga event ini menjadi momentum bagi para insan pers untuk meningkatkan lagi profesionalitasnya,” Bambang yang mencalonkan diri maju sebagai Bacaleg DPR RI 2024, Dapil III meliputi daerah pemilihan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, Rabu (8/2/2023).

Lebih lanjut Kepala BPEK DPC PDIP Kota Tangerang ini menambahkan, tahun ini pers akan menghadapi tantangan yang cukup besar.

“Tahun ini adalah tahun politik. Tahun yang akan dipenuhi banyak agenda politik nasional. Pers dituntut untuk mampu tampil dengan berita berimbang dan telah terverifikasi dengan baik, serta memberi informasi sesuai porsi serta menghindari hoax,” katanya.

Ia menegaskan, pers harus menjadi pengawal dari jalannya demokrasi di tanah air.

“Pers harus menjadi pengawal demokrasi dengan menyajikan informasi yang cover both side. Netralitas pers harus dijaga. Sehingga informasi yang sampai ke masyarakat tidak menyesatkan,” katanya.

Untuk tahun ini, peringatan HPN 2023 yang diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tema yang diusung adalah ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat.

Ia menjelaskan bahwa Bung Karno tidak asal cuap terkait dunia pers. Sejak usia 17 tahun di mana anak muda umur segituan sekarang kebanyakan kerjanya cuma baper-baperan (bawa perasaan) dan galau-galauan cenderung alay, Bung Karno sudah jadi wartawan bebernya.

Dan Semasa masih mengenyam bangku sekolahan tingkat HBS (Hogere Burgerschool, setingkat SMA sekarang), Bung Karno sudah jadi wartawan pembantu koran Oetoesan Hindia. Saat sudah di Bandung bersekolah di Technische Hoge School te Bandoeng (kini Institut Teknologi Bandung/ITB), pindah ke koran Sama Tengah.

Lantas bersama Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, Bung Karno memimpin surat kabar Fadjar Asia. Makanya Bung Karno berpesan dan mewanti-wanti hal tersebut kepada para insan pers kala itu.

Tentunya masih relevan untuk para wartawan dewasa ini, untuk selalu meng-upgrade wawasan agar terhindar menulis fitnah yang malah menghancurkan bangsa Indonesia dari dalam- sebagaimana ungkapan dua sejarawan dunia Arnold Toynbee dan Edward Gibbon: “A great civilisation never goes down, unless it destroys itself from within.

” Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Sesuatu Terang Dikolong Langit Ini, Dibumi Ini,Pertama Ialah Matahari & Kedua Ialah Pers “, pungkasnya.

Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2023.

(WH/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler