Polsek Ciledug Menyelengarakan Pembinaan Penyuluhan Mitra Polisi dan Masarakat

Senin, 16 Januari 2023

Kota Tangerang,- (Nawacitalink.com)

Pembinaan Penyuluhan Mitra Polisi dan Masyarakat digelar dilantai III Kepolisian Sektor Ciledug Senin 16 Januari 2023.
Acara yang bertujuan guna membangun kesadaran kelompok masayarakat dengan kepolisian dalam rangka menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat ini dihadiri oleh Tim Bimas Polda Metro Jaya yakni Kompol Paksi, Wakapolsek Ciledug AKP Toto, serta kurang lebih sekitar 70 anggota POKDAR Polsek Ciledug.

Dalam keteranganya kepada awak media ditemui disela sela selesai acara Ketua Pokdar Polsek Ciledug yakni Sukarno menjelaskan bahwa tadi sudah ada pembahasan mengenai tugas-tugas pokoknya pokdar sebagai Mitra Kepolisian sehingga kami dari pokdar memang beberapa waktu yang lalu meminta kepada kepolisian untuk memberikan pelatihan agar supaya anggota-anggota pokdar itu sebagai Mitra dapat melakukan kegiatan yang mempunyai aturan-aturan, jangan sampai kebablasan, seringkali ada anggota pokdar yang juga terkadang seringkali lebih ekstrim dari kepolisian dan hal itu yang harus kita hindari.

Makanya hal seperti ini yang kita harapkan dengan adanya pembinaan penyuluhan mitra polisi dan masyarakat dilaksanakan, walaupun endingnya tadi ya kalau di luar pertanyaannya banyak, namun tetapi setelah ada yang berkepentingan pertanyaannya pertanyaannya kurang ya itulah realita organisasi.

Ia menambahkan Dari tiga Kecamatan yang mencakup Kecamatan larangan Kecamtan Ciledug dan Kecamatan Karang Tengah jumlah anggota yang sudah perbaikan data kurang lebih 68 orang namun lebih lanjut Soekarno menegaskan sebenarnya anggota pokdar sendiri sudah mencapai 300-an.

Dalam agenda jangka pendeknya ia mengatakan akan lebih mengutamakan membangun penguatan internal pokdar, kita mulai kompakin agar kedepanya kerjasama bersama kepolisian akan semakin baik pungkasnya.

Sementara dalam kata sambutanya Endro Yulianto, S.E yang juga salah satu Dewan Pembina pokdar yang juga menjabat sebagai Ketua DPC REPDEM Kota Tangerang, salah satu sayap partai PDI-P menjelaskan dirinya menyambut baik kemitraan Pokdar Kamtibmas bersama Polri, ia berharap Pokdar Kamtibmas juga dapat membangun sinergi efektif bersama pemerintah daerah. Unsur Forkopimcam, lurah, kades dan organisasi masyarakat lainnya untuk sama-sama berusaha meningkatkan kesadaran hukum dan mencegah gangguan Kamtibmas di masyarakat,” tutur Hendro.

Lebih lanjut Endro Yulianto,S.E berharap , bahwa Pokdar Kamtibmas hendaknya mengedepankan cara-cara persuasif dan edukatif dalam melakukan pembinaan serta senantiasa membangun komunikasi intensif dan efektif , dengan pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat agar tercipta keamanan dan kondusivitas wilayah.

“menurutnya seluruh anggota Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat di wilayahnya masing-masing agar selalu bisa berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran hukum dan pembinaan dan ketertiban di masyarakat,” pungkasnya Endro.

(WH/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler