Wapres Ingatkan Ekonomi Syariah Harus Kompetitif

Kamis, 3 Februari 2022
sumber pixabay.com

JAKARTA–Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah disesuaikan dengan era digitalisasi. Sebab, digitalisasi ekonomi ini memaksa pelaku pasar untuk menyediakan produk dan layanan Lembaga Keuangan dan Bisnis Syariah yang lebih kompetitif, memudahkan, efektif serta efisien.

“Ekonomi dan keuangan syariah tidak boleh dilihat hanya dari sisi kesesuaian syariahnya saja, melainkan juga harus efisien dan kompetitif sehingga menjadi pilihan yang rasional bagi semua orang, tidak hanya bagi kaum muslim saja,” ujar Wapres saat menyampaikan keynote speech secara daring di acara Ijtima Sanawi DPS se-Indonesia 2021, Kamis (2/11).

Wapres pun mendorong berbagai pemangku kepentingan mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke arah digital. Termasuk diantaranya, Dewan Pengawas Syariah yang perlu menyesuaikan diri mengikuti perkembangan fenomena ekonomi saat ini yang bergerak cepat ke ranah ekonomi digital.

Ia menekankan, fungsi dan peran DPS sangat vital dalam rangka memastikan dijalankannya prinsip Syariah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Syariah, yang dalam ekonomi digital permasalahannya pasti sangat berbeda dibanding sebelumnya.

“Perangkat pengawasan yang dibutuhkan DPS berupa fatwa dan pedoman implementasi fatwa juga harus dapat mengikuti arah perkembangan ekonomi digital ini,” kata Wapres.

Wapres juga meminta DSN-MUI merumuskan fatwa dan mengembangkan perangkat metodologi penetapan fatwa untuk cepat merespons kebutuhan saat ini, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasar yang telah diletakkan oleh para Ulama.

Ma’ruf mengatakan, perangkat metodologi DSN-MUI juga mengedepankan pendekatan gradual dan solutif sehingga masih tetap bisa menjaga daya saing lembaga keuangan syariah dan lembaga bisnis syariah dalam membuat produk dan fitur.

 

sumber: https://www.republika.co.id/berita/r3ilri430/wapres-ingatkan-ekonomi-syariah-harus-kompetitif

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M, Taqobbalalloohu Minna Wamingkum Wataqobbal Yaa Kariiim,…..Minal ‘Aidin Waf Faidzin, Ma’af Lahir dan Batin, Semoga Kita Bisa Dipertemukan Lagi Dengan Ramadhan Th Depan, Amin YRA

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah ( BAPENDA ) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1445 Hijriyah, Semoga Bulan Ramadhan Tahun Ini Menjadi Momentum Bagi Kita Untuk Memperbaiki Diri, Memperbanyak Amal Shalih Dan Menjemput Ampunan Alloh SWT, Aammiiun,…….

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah ( BAPENDA ) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Hari Pers Nasional 2024, Dan HUT Ke 78 Tahun Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) ” Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa ” Sukseskan Pemilu 2024

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran dan Staf : Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Tangerang, Mengucapkan : Selamat Hari Jadi / Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang Ke 391 Tahun (13 Oktober 1632 – 13 Oktober 2023) Terus Berjuang Semakin Gemilang

Pemkab Tangerang Kembali Raih WTP Ke -15 Kali Berturut – Turut

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Terimakasih Atas Partisipasi dan Peran Serta Seluruh Wajib Pajak Kabupaten Tangerang Melalui Pembayaran Pajak Daerah

DISPORBUDPAR Kabupaten Tangerang Mengucapkan Selamat Hari Ibu Yang Ke 94 Th 22 Desember 2022

Kapolri Hadiri Tradisi Keceran

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler