Ibu Iriana dan OASE KIM Dorong Pemeriksaan Dini Kanker Serviks

Rabu, 8 Maret 2023

Bandar Lampung,- (Nawacitalink.com)

Ibu Iriana Joko Widodo beserta para anggota OASE KIM mendorong para ibu di Provinsi Lampung dengan usia reproduktif untuk melakukan pemeriksaan dini kanker serviks. Ibu Iriana juga mendorong agar organ tubuh pada perempuan tersebut harus tetap dijaga kebersihannya.

“Ini sebetulnya enggak kelihatan ya Pak Dokter. Kata istrinya Pak Menkes, sesuatu yang tersembunyi tapi harus tetap waspada dan dijaga kebersihannya,” kata Ibu Iriana kepada para peserta saat meninjau pemeriksaan tes IVA yang digelar di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, pada Rabu, 8 Maret 2023.

Selain pemeriksaan, para peserta juga mendapatkan penyuluhan dari para dokter terkait bahaya kanker serviks dan pentingnya dilakukan pemeriksaan sejak dini. Kepada para dokter, Ibu Iriana pun menyampaikan terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepada ibu-ibu peserta.

“Terima kasih (dokter) telah memberi penyuluhan tentang IVA test,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana juga menegaskan bahwa informasi mengenai kanker serviks dan pemeriksaan sejak dini merupakan hal yang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, Ibu Iriana mendorong ibu-ibu untuk menyimak penyuluhan tersebut agar informasi yang diberikan dapat lebih dipahami.

“Harus paham dan mengerti. Saya juga enggak tahu, harus diberi penyuluhan juga. Saya juga harus belajar apakah itu IVA test, apakah itu deteksi dini,” kata Ibu Iriana.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang 2 OASE KIM, Ida Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa pemeriksaan dini bertujuan untuk mendeteksi lebih awal adanya potensi kanker pada tubuh atau tidak. Selain itu, penanganan secara lebih cepat dan tepat dapat segera dilakukan jika melakukan pemeriksaan dini.

“Nah 70 persen orang memeriksakan diri sudah dalam stadium tinggi itu yang bahaya. Saya pengin ibu-ibu semua bisa mendeteksi dini supaya bisa lebih awal mengetahui apakah kita terkena kanker atau tidak,” kata Ida.

(Red)

Bandar Lampung, 8 Maret 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler