Kemendagri Terus Optimalkan Kapasitas Petugas Damkar se-Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022

Bogor,- (Nawacitalink.com)

Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Kualifikasi I bagi petugas Damkar. Diklat sebanyak 3 angkatan tersebut berlangsung di Balai Satpol PP dan Damkar di Bogor dari tanggal 11 hingga 18 Mei 2022.

Pada penutupan Diklat, Sekretaris BPSDM Kemendagri Endang Try Setyasih berharap, melalui pelatihan ini para peserta menjadi lebih memahami sistem perlindungan dan pengamanan terhadap bahaya kebakaran. Selain itu, para peserta juga diharapkan mampu mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana kebakaran.

Dirinya menekankan, seorang petugas Damkar perlu memiliki semangat atas pekerjaannya agar tercapai perlindungan kepada masyarakat.

“Aparatur yang memiliki tugas dan fungsi dalam pencegahan dan pemadam kebakaran sudah seharusnya memiliki kemampuan manajemen dan tanggap darurat terhadap kebakaran gedung, sehingga tindakan pencegahan serta penanggulangan akibat kebakaran tersebut dapat diminimalisir, dan tidak menjatuhkan korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak kerusakan nonmateri maupun psikologis,” ungkap Endang, Rabu (18/5/2022).

Di akhir sambutannya, Endang kembali mengingatkan para peserta Diklat agar membangun karakter dan sikap perilaku petugas Damkar yang profesional. Ini ditunjukkan dengan penanganan kebakaran yang semakin kompeten dan berkualitas.

“Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dan simulasi ini bisa menjadi bekal ilmu tambahan dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” pungkasnya.

(Pd/Red)

Puspen Kemendagri

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler