Pencapaian Vaksinasi Terendah “Ahmad Bayani Gelar Rapat Koordinasi Lintas Triwulan Ke III

Kamis, 26 September 2024

Bangka Tengah, – (Nawacitalink.com)

Bertempat di Pendopo Kecamatan Simpang Katis, pada hari Rabu, 25 September 2024, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Periode Triwulan ke III (tiga) 2024 yang dihadiri oleh berbagai instansi, Kapolsek,tokoh adat, sekolah,Kepala desa se kecamatan simpang Katis dan elemen masyarakat. Rapat yang dimulai pukul 09.30 WIB ini membahas berbagai agenda penting terkait evaluasi bidang kesehatan bagi masyarakat.

Kesehatan menjadi salah satu fokus dalam rapat ini. Dr. Zulfikar mengatakan, rapat kordinasi lintas sektoral adalah untuk meningkatkan upaya derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat juga mutu pelayanan kesehatan. Karena saat ini terendah maka kami evaluasi terkait kesehatan ini bersama Kepala desa, puskesmas, posyandu dan bidan agar persentase pencapaian imunisasi meningkat.

Kegiatan ini Mewujudkan kerjasama lintas program dan lintas sektor untuk mencapai indikator kesehatan dan SPM dibidang Kesehatan,serta Optimalisasi Dukungan Lintas Program dan lintas sektor dalam pencapai Program Prioritas nasional”.

Selain itu, sektor bidang kesehatan ini melibatkan pemerintah desa dan instansi terkait khususnya kecamatan Simpang Katis seperti kegiatan PIN polio yang mana kegiatan ini program Kemenkes RI.

“Tujuan adalah Mencegah penyebaran virus polio yang dapat terjadi melalui kontak langsung atau konsumsi air dan makanan yang terkontaminasi oleh feses yang mengandung virus polio maka akan divaksinasi atau pemberian PIN polio langsung tiap anak usia 1 hingga 7 tahun 11 bulan.”

Ditambahkan lagi, kita punya ILP (integrasi layanan primer) yang bertujuan untuk menyatukan berbagai layanan kesehatan dalam satu kegiatan yang efisien.

“Dengan adanya ILP (integrasi layanan primer) pasien-pasien tidak perlu lagi berobat ke puskesmas,gak perlu lagi minta rujukan kartu puskesmas, dapat langsung diselesaikan diposkesdes atau ILP.

Semua bidang kesehatan menjadi prioritas kita intinya kami ingin menjadikan masyarakat sehat semua baik dari pencegahan, pengobatan,pelayanan semuanya terlayani dengan maksimal.

Sedangkan, Ahmad Bayani selaku Camat Simpang Katis mengatakan, kegiatan lintas sektoral ini adalah membangun tanggung jawab bersama terkait bidang kesehatan anak, pencapaian Vaksinasi Terendah di kecamatan Simpang Katis dikarenakan polemik masyarakat terkait Vaksinasi sulit dihindari masalah polio jadi dengan rapat koordinasi lintas sektoral inilah sebagai wadah mencari solusi terbaik menyelesaikan masalah ada hal-hal lain terkait kesehatan dimasyarakat.

“Kita lebih ke evaluasi yang dilakukan sebelum ini, dalam setiap satu tahun minimal 3x jadi pelaksanaan kegiatan sudah yang dilakukan sebelumnya dan hari ini kita evaluasi, hal-hal yang dibahas ini penunjang kesehatan yang ada hubungan dengan berbagai sektor, kebijakan dan program kepala desa”.

Kegiatan lintas sektor ini menjadi langkah kita kedepannya untuk pencapaian Vaksinasi Tercapai terkait pelayanan polio,persentase tinggi,tidak menyumbang terkecil dibangka tengah dan bagaimana pelayanan dari kesehatan, bukan urusan dari dinas kesehatan tapi urusan bersama, ujarnya.

Harapan dengan hal ini semoga Tercapai dengan adanya perubahan signifikan terkait pencapaian tersebut dikarenakan sudah koordinasi terkait hal ini.

(Ahm/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler