Upacara 17 Agustus Digelar di IKN, Pasokan Listrik Dijamin Aman Dan Mulus

Rabu, 19 Juni 2024
{"remix_data":[],"remix_entry_point":"challenges","source_tags":[],"origin":"unknown","total_draw_time":0,"total_draw_actions":0,"layers_used":0,"brushes_used":0,"photos_added":0,"total_editor_actions":{},"tools_used":{"transform":2},"is_sticker":false,"edited_since_last_sticker_save":true,"containsFTESticker":false}

IKN, – (Nawacitalink.com)

Kementerian ESDM memastikan pasokan listrik terpenuhi saat momen upacara HUT Kemerdekaan yang digelar perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunan infrastruktur kelistrikan saat ini terus dikebut.

“Progres pembangunan infrastruktur listrik di IKN beberapa dilaporkan sudah hampir selesai 100%,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari dikutip dari situs Kementerian ESDM.

Ida yang juga Ketua Bidang Ketenagalistrikan Satgas Perencanaan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN Sektor ESDM, mengatakan segala utilitas pendukung seperti listrik diharapkan sudah bisa didistribusikan melalui MUT (Multi Utility Tunnel) agar operasional IKN bisa berjalan sesuai dengan konsep pembangunan awal IKN.

MUT merupakan salah satu proyek infrastruktur yang dibangun guna mendukung ibu kota baru sebagai kota modern dan canggih. Bukan hanya sekadar terowongan biasa, MUT merupakan terowongan yang dapat digunakan untuk memuat berbagai jenis kabel dan saluran air.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pihaknya sedang mencoba memfinalisasi beberapa titik MUT yang menghubungkan listrik dan utilitas lainnya dan diusahakan dapat selesai dalam 3 hingga 7 hari kedepan.

“Beberapa titik MUT yang bermasalah akan diselesaikan sebulan sebelum event utama terlaksana,” ungkap Danis.

General Manager PLN UID Kaltimra, Agung Murdifi mengungkapkan kesiapan PT PLN (Persero) baik dari sisi hulu dan hilir dalam menyiapkan pasokan listrik bagi IKN.
“Tim kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memastikan listrik dapat beroperasi sesuai skema kelistrikan yang ada di IKN,” papar Agung.

Lebih lanjut, Agung menerangkan PLN secara intens berkoordinasi dengan semua pihak yang ada di IKN agar distribusi listrik menggunakan MUT bisa segera dioperasikan dan persiapan operasional menjelang 17-an berjalan mulus.

(Rls/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait