TIGA PULUH LIMA TAHUN DESA PANDU SENJAYA KECAMATAN PANGKALAN- LADA KOMITMEN JAGA KESEIMBANGAN DAN PELESTARIAN ALAM

Selasa, 10 Januari 2023

Pangkalan Bun, (Nawacitalink-com)

Kesadaran terhadap Pelestarian lingkungan harus terus dijaga dan ditingkatkan, karena alam merupakan tempat kehidupan semua mahluk.

Selama masa kepemimpinannya, Jumilan sebagai Kepala Desa Pandu SENJAYA Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, mengatakan bahwa selama Empat tahun berturut mulai tahun 2020 lalu, Desa Pandu SENJAYA selalu terlibat dalam pelbagai kegiatan pelestarian lingkungan, baik yang merupakan program pemerintah maupun program mandiri desa.

Penataan Lingkungan dengan penanaman serta terus menumbuhkan kesadaran Masyarakat dalam pelestarian lingkungan dengan berbagai pola dan cara agar masyarakat dibiasakan merawat lingkungan disekitar keluarga, masyarakat juga yang lebih luas lagi yakni lingkungan Desa dan seterusnya.

Untuk tahun 2023 ini, dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Desa Pandu Senjaya yang ke 35 tahun, dilakukan kegiatan penanaman pohon penghijauan di sepanjang Sungai Kuning dengan menanam ribuan pohon jenis ekalyptus dan berbagai jenis pohon lainnya termasuk menyelipkan pohon endemik Kalimantan untuk menjaga dari kepunahan yakni jenis Pohon Meranti.

Dalam sekapur sirih kegiatan penanaman pohon penghijauan di Desa Pandu Senjaya, Robi Setiawan,SSTP Camat Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penaman berbagai jenis pohon penghijauan yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Pandu Senjaya yang dilaksanakan dengan cara bergotong royong.

Robi Setiawan terus mengingatkan masyarakat berapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan karena semua mahluk hidup memerlukan tempat untuk kehidupan satu bagian terpenting adalah pohon yang rindang sehingga membuat alam tetap sejuk dan asri.

Diingatkan pula bahwa dengan dilibatkannya anak-anak usia dini dalam kegiatan penanaman pohon walau tampil sebagai penari untuk bagian pelestarian seni dan budaya, itu bukan saja hanya sebatas tari dan nyanyi akan tetapi lebih dari itu menanamkan pula bentuk penyadaran kepada anak-anak agar sadar lingkungan dilakukan sejak usia dini sehingga kelak dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan saat mereka sudah beranjak dewasa dan seterusnya, ujar Camat Pangkalan Lada.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Pandu Senjaya, Jumilan membagikan puluhan buah tempat sampah yang diserahkan kepada Mesjid, Gereja, serta fasilitas umum lainnya.

Hadir dan ikut melakukan penanaman pohon saat kegiatan, yakni Kapolsek Pangkalan Lada, ADM PT GSDI AMR PT Astra Indo Agri, Petugas CSR PT GSDI PT Astra Indo Agri, Ketua Lembaga Musyawarah Desa, Yang mewakili Kadis Dinas Lingkungan Hidup, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Undangan lainnya.

(Nadtambunan-korwilkalteng/liputan).

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler