Silaturahmi Pengurus FSPP Dengan Pj Gubernur Banten Al Muktabar

Sabtu, 28 Januari 2023

Banten,- (Nawacitalink.com)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, agenda pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah hal yang harus tetap dikembangkan. Pondok pesantren mengembangakan SDM yang berbasis religius Islam dan kearifan budaya.

Hal itu disampaikan Muktabar usai menerima silaturahmi pengurus Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, di Gedung Negara Provinsi Banten Jl. Brigjen KH Syam’un, Kota Serang, Jum’at (27/01).

“Hari ini kami menerima silaturahmi Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) dalam rangka rencana Rapat Kerja (Raker) FSPP yang akan dilakukan pada 1 Februari 2023,” ujar Muktabar dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/01).

Pada pertemuan tersebut, ia mengungkapkan salah satunya membicarakan agenda pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis religius dalam hal ini Islam, juga dibicarakan agenda teknis lainnya.

“Ini nyambung dengan apa yang selalu kita katakan, SDM adalah hal yang harus tetap dikembang terus karena itu sumber kapital kepemilikan kita ke depan,” kata dia.

Dikatakannya lagi, selain pengembangan SDM, turut dibicarakan akses aktivitas ekonomi dengan segala sumber daya ekonomi yang dimiliki pondok pesantren. Terutama dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, UMKM, keuangan mikro syariah, dan ekonomi kreatif.

“Hal ini sejalan dengan upaya kita dalam menekan inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting dan gizi buruk, serta bangga produk dalam negeri,” jelasnya. “Ternyata itu nyambung semua,” imbuh dia.

Masih menurut Muktabar, pondok pesantren juga sudah bergerak di bidang peternakan, pengembangan hortikultura, dan ketahanan pangan. Hal ini bersinergi dengan apa yang diupayakan Pemprov Banten dalam menekan inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, kemiskinan ekstrem, hingga bangga buatan Indonesia.

“Jadi gayung bersambut. Memperkuat itu dan mempromosikannya,” cetusnya.

Ditegaskan Muktabar, pihaknya akan terus fokus pada birokrasi yang berdampak sebagai bagian reformasi birokrasi. Tujuan mendapatkan birokrasi yang memberikan dampak positif dengan melakukan cascading (penjabaran-red) capaian kinerja melalui pendekatan tematik komprehensif integral.

Sementara itu, Sekjen FSPP Provinsi Banten Fadlullah, usia diterima audiensi dengan Pj. Gubernur menegaskan bahwa raker FSPP Provinsi Banten 2023 fokus pada agenda pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Untuk pengembangan sumberdaya manusia FSPP Banten rencana bekerja sama dengan Rumah Amal Salman ITB khususnya dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru mapel MIPA dan bimbingan belajar bagi santri untuk masuk kuliah PTN.

“FSPP Banten juga mempromosikan model satuan pendidikan muadalah yang terintegrasi dengan rancangan sekolah metaverse. Kami mendukung pemerintah daerah mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui gerakan pendidikan dan pemberdayaan ekonomi,” terang Fadlullah.

(Aj/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait