Respon Cepat! Satlantas Polresta Tangerang Evakuasi Pengemudi yang Terserang Vertigo Saat Mengemudi di Tol Tangerang – Merak

Selasa, 25 Juni 2024

Banten, – (Nawacitalink.com)

Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang menunjukan kesigapannya dalam merespon informasi dan menolong seorang wanita yang jatuh sakit saat sedang mengemudi di Tol Tangerang-Merak, Pada Rabu 12 Juni 2024.

Aksi heroik itu dilakukan oleh Kasatlantas Polresta Tangerang AKP Riska Tri Arditia bersama tiga personel lainnya yakni Ipda Victor, Bripka Purwanto, dan Aipda Slamet Hartanto.

Peristiwa bermula saat AKP Riska mendapat pesan WhatsApp dari seorang pengemudia wanita bernama Rosdiana (39) yang terserang vertigo saat sedang mengemudi di Tol Tangerang-Merak, tepatnya di GT Cikupa yang masuk wilayah hukum Polresta Tangerang.

“Pada saat itu beliau (korban) menghubungi saya via Wa kemudian saya respon dia menginformasikan bahwa kondisinya sedang tidak baik, kondisi demam dan tidak bisa melanjutkan perjalanan,” terang Kasatlantas Polresta Tangerang AKP Riska Tri Arditia, dikutip Selasa 25 Juni 2024.

Lanjut Riska, dengan cepat informasi itu pun langsung ditindaklanjuti dengan menerjunkan personel satlantas untuk menjemput korban dan membawanya ke klinik terdekat untuk dilakukan perawatan.

“Saat itu (korban) langsung kami jemput dan kami bawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama dan perawatan,” ujarnya.

Atas kejadian itu ia pun mengimbau kepada masyarakat yang kondisi kesehatannya sedang tidak baik agar tidak bepergian serta dianjurkan untuk tidak mengemudikan kendaraan.

“Jika terpaksa harus melakukan perjalanan minimal didampingi orang lain, supaya tidak dalam kondisi mengemudikan kendaraan,” imbaunya.

Namun demikian, jika mengalami kejadian seperti korban yang sebelumnya merasa sehat dan tiba-tiba kambuh di perjalanan, pengemudi disarankan untuk menepi atau mencari rest area terdekat.

Jika tidak menemukan rest area pengemudi yang mengalami sakit di perjalanan diimbau untuk menepi terlebih dahulu dan menghidupkan lampu hazard sebagai tanda emergency.

“Kemudian hubungi keluarga terdekat, mungkin saja keluarga mengetahui titik-titik personil atau anggota di lapangan supaya bisa mendekati lokasi dengan cepat baik itu kepolisian, rumah sakit, atau pun petugas klinik terdekat,” kata dia.

Sementara, Rosdiyani (39) saat datang ke Mako Satlantas Polresta Tangerang, Senin (24/6), mengucapkan rasa terima kasihnya kepada personel Satlantas Polresta Tangerang karena telah diselamatkan.

Ia mengaku saat kejadian, dirinya sedang dalam perjalanan menuju wilayah Banten. Namun saat berada di jalur Tol Tangerang – Merak penyakit vertigo yang dideritanya tiba-tiba kumat hingga akhirnya dia tak sanggup untuk melanjutkan perjalanan dan sempat tidak sadarkan diri.

“Saya pribadi mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satlantas Polresta Tangerang atas respon cepat yang diberikan. Slogan Polri membantu masyarakat benar-benar saya rasakan,” tukasnya.

(Wawan N)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait