Pasukan Baret Ungu Koops Habema Bantu Ekonomi Rakyat “Rosita” di Yahukimo

Selasa, 25 Juni 2024
{"remix_data":[],"remix_entry_point":"challenges","source_tags":[],"origin":"unknown","total_draw_time":0,"total_draw_actions":0,"layers_used":0,"brushes_used":0,"photos_added":0,"total_editor_actions":{},"tools_used":{"transform":1},"is_sticker":false,"edited_since_last_sticker_save":true,"containsFTESticker":false}

Papua, – (Nawacitalink.com)

Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir, merupakan bagian dari Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema, yang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) Mobile Republik Indonesia – Papua Nugini, khususnya di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Pada hari Senin, 24 Juni 2024, Satgas Yonif 6 Marinir melaksanakan rutinitas patroli pengamanan di wilayah Distrik Dekai. Di saat pelaksanaan pengamanan wilayah tersebut, para Prajurit Satgas Yonif 6 Marinir berkesempatan melintasi area Pasar Distrik Dekai dan melakukan program Rosita atau Borong Hasil Tani milik warga Dekai yang sedang menjual hasil taninya di area pasar.

Melalui arahan Komandan Satgas Yonif 6 Marinir, Letkol Marinir Rismanto Manurung, bahwa kegiatan membantu kesulitan masyarakat di daerah tugas merupakan hal yang perlu dilakukan saat melaksanakan tugas pokok pengamanan wilayah. Oleh karenanya, hari Senin tersebut, para Prajurit TNI yang bertugas di wilayah Dekai memanfaatkan waktu pelaksanaan patroli dengan membantu perekonomian masyarakat setempat, khususnya yang berjualan hasil tani sendiri.

Dengan tetap mengedepankan pengamanan ketika melaksanakan Rosita, para Prajurit Satgas Yonif 6 Marinir berkesempatan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan penjual hasil tani. Bermodalkan uang saku para Prajurit TNI, maka hasil tani yang diperdagangkan pagi hari itu dibeli dan dibawa oleh para Prajurit. Merespons program Rosita tersebut, penjual hasil tani sangat gembira karena dagangannya diborong habis oleh para Prajurit. Sebelum meninggalkan area, para Prajurit berpesan sambil memberikan motivasi kepada penjual hasil tani untuk terus semangat bercocok tanam agar hasilnya nanti dapat dijual dan bermanfaat bagi orang lain.

“Inisiatif para Prajurit Satgas Yonif 6 Marinir membantu penjual hasil tani di Distrik Dekai Yahukimo, merupakan bentuk peran TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua”, ungkap Panglima Koops Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

(Rls/Red)

Autentikasi: Dansatgas Media KOOPS HABEMA, Letkol Arh Yogi Nugroho

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait