Partai Amanat Nasional (PAN) Resmi Mendaftar Sebagai Calon Peserta Pemilu 2024

Kamis, 11 Agustus 2022

Jakarta,- (Nawacitalink.com)

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (10/8). PAN datang bersama dua partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, pendaftaran yang dilakukan PAN merupakan kewajiban konstitusional bagi parpol yang akan mengikuti Pemilu 2024 mendatang. PAN juga menegaskan, siap mendukung tugas KPU untuk menyukseskan pemilu 2024.
“PAN sudah 5 kali ikut pemilu, nanti 2024 tentu akan yang keenam. Kami [harapkan] pemilu yang berkualitas, tentu kita berharap akan menjadikan proses demokrasi itu demokrasi yang punya nilai value, sehingga akan menghasilkan kesetaraan, keadilan, harmoni, bukan sebaliknya,
” kata Zulkifli secara daring, Rabu (10/8).

Ia menambahkan, PAN menginginkan pemilu mendatang merupakan pemilu yang berintegritas. Maka PAN akan melakukan seleksi agar kader kandidat yang menjadi pilihan masyarakat sesuai dengan apa yang masyarakat harapkan.
“Sehingga akan menjadikan pemilu sebagai bagian dari proses demokrasi yang penting akan kita capai sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” imbuhnya.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyampaikan, kegiatan pendaftaran partai politik jelang pemilu ialah pimpinan partai politik tingkat pusat menyampaikan surat pendaftaran dan dokumen-dokumen persyaratan secara lengkap. Nantinya KPU akan memeriksa dokumen persyaratan yang diajukan oleh partai politik.

Adapun dalam penyelenggaraan pendaftaran partai politik, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan juga putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 Tahun 2022. Dalam putusan Mahkamah Konstitusi ada tiga kategori partai politik.

Pertama, partai politik peserta pemilu 2019 yang lolos  parlemen threshold (PT) atau memiliki banyak kursi di DPR RI. Kedua, partai politik peserta pemilu 2019 yang tidak lolos PT. Ketiga, partai baru.

Terhadap ketiga kategori partai ini ada perlakuan yang juga ditentukan Mahkamah Konstitusi. Terhadap partai kategori 1 yakni partai peserta pemilu 2019 yang lolos PT atau punya kursi di DPR diantaranya melakukan pendaftaran dan verifikasi administrasi di KPU. Untuk dua kategori partai lainnya yaitu mendaftar, verifikasi administrasi, dilanjutkan verifikasi faktual.

“PAN ini termasuk kategori partai satu yang tadi ditentukan Mahkamah Konstitusi yaitu peserta pemilu 2019 yang lolos PT atau punya kursi di DPR RI. Sehingga kegiatannya mendaftar dan verifikasi administrasi, selesai ,” kata Hasyim.

(Syd/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler