Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua, Presiden: Indonesia Akan Terus Dukung Perjuangan Palestina

Senin, 20 November 2023

Jakarta,- (Nawacitalink.com)

Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin, 20 November 2023. Presiden menyebut, bantuan tahap kedua ini selain berasal dari anggaran pemerintah juga berasal dari bantuan perusahaan dan masyarakat.

“Bantuan ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, dari masyarakat antara lain dari PT Paragon Technology and Innovation, kemudian dari Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, WeCare, dan yang lain-lainnya,” jelas Presiden dalam sambutannya.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa pengiriman bantuan tahap kedua ini akan mengangkut sebesar 21 ton bantuan kemanusiaan yang terdiri atas makanan, obat-obatan, hingga perlengkapan rumah sakit.

“Sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan kemudian perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” tuturnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan tersebut akan berangkat menuju El-Arish terlebih dahulu untuk kemudian akan disalurkan ke Gaza, Palestina.

Dalam sambutannya, Kepala Negara menegaskan bahwa selain memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik kepada Palestina. Presiden menuturkan bahwa saat ini Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selaku salah satu utusan khusus Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tengah mengunjungi sejumlah negara untuk menggalang dukungan guna menghentikan kekejaman di Gaza.

“Sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menteri Luar Negeri Indonesia juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza,” tegasnya.

“Sekali lagi saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kemanusiaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

(Rls/Red)

(BPMI Setpres)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait