Lembaga Adat Paser Balikpapan Siap Bekerjasama Dengan Pemerintah dan Otorita IKN Nusantara

Jumat, 30 Desember 2022

Ket Photo :(H.Aswat,SH Ketua Lembaga Adat Paser Balikpapan)

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) disambut baik oleh masyarakat asli Kalimantan salah satunya suku Paser.

H. Aswat SH, Ketua Lembaga Adat Paser (LAP) Balikpapan menerangkan berkaitan kesiapan lembaga adat mengawal pembangunan IKN Nusantara.

“Menyikapi keberadaan IKN di Kalimantan Timur terkhususnya daerah Sepaku bahwa hal itu sangat baik karena memberikan dampak positif bagi wilayah dan warga sekitar. Kami Lembaga Adat Paser sangat senang, karena bagaimanapun juga adanya pembangunan IKN, akan memberikan dampak yang baik dan positif kepada masyarakat yang ada di sekitar,” terangnya pada Jumat (30/12/2022).

Kemudian, Kesiapan dalam menyambut IKN Nusantara LAP Balikpapan siap bekerja sama dengan pihak-pihak terkait maupun yang berada di Otorita IKN, guna menjalankan satu misi pembangunan yang direncanakan oleh Pemerintah Pusat. Oleh karena itu kami siap untuk mendukung dan menyambut keberadaan IKN Nusantara.

“Upaya yang dipersiapkan untuk menyambut IKN, LAP Balikpapan meyakini Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah serta Otorita IKN, sejatinya dapat memberikan kesempatan khususnya kepada masyarakat Paser atau penduduk asli yang ada di sekitar pembangunan IKN Nusantara, terutama kepada para generasi muda,” ungkapnya.

Kemudian terhadap struktur yang ada di Pemerintahan nanti, kami berharap agar masyarakat Paser dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) bisa dilibatkan di dalam kepemerintahan dan juga didalam pembangunan yang dilakukan oleh Otorita IKN.

Selain itu, Yang menjadi tantangan bagi Lembaga Adat Paser Balikpapan yakni, adanya tenaga-tenaga kerja yang masuk ke wilayah IKN Nusantara, seperti dari luar daerah terkhusus pulau Jawa dan lain-lain.

“Kami berharap agar masyarakat yang ada di sekitar IKN agar dapat diberdayakan. Memang masyarakat kami disana banyak sekali memiliki pendidikan yang rendah, tapi kami berharap agar mereka yang ada disana dapat perhatian dari Pemerintah terutama Otorita IKN, dan dapat diberikan semacam pelatihan agar SDM masyarakat lokal mampu bersaing dengan SDM yang datang dari luar,” harapnya.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara H. Aswat menambahkan, Pembangunan IKN memberikan banyak dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat yang menjadi tenaga kerja untuk pembangunan fasilitas-fasilitas yang didirikan oleh Otorita IKN sekarang.

“Dukungan LAP Balikpapan tentunya akan selalu tetap mengawal pembangunan IKN, walaupun organisasi kami berada di kota Beriman, tapi sebagai kota penyangga utama, keberadaa LAP sangat mendukung dan membantu Pemerintah termasuk keamanan yang ada di IKN, agar dapat berjalan dengan baik, aman, tertib dan damai,”ujar Aswat.

Selanjutnya, Pembangunan yang di laksanakan oleh Otorita IKN yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana pembangunan, supaya dapat selesai dengan jadwal yang telah diharapkan atau ditentukan oleh Bapak Presiden kita yang terhormat Bapak Joko Widodo.

“Seluruh pihak terkhusus kepada Otorita IKN di Kalimantan Timur sekali lagi agar dapat memperhatikan masyarakat khususnya masyarakat asli yang berdiam di Ibu Kota yang baru tersebut,” pungkasnya.

(Bahri)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait