Kemendagri Apresiasi Kerja Cerdas Universitas Mulawarman Tingkatkan Inovasi Daerah di Kaltim

Selasa, 31 Oktober 2023

Samarinda,- (Nawacitalink.com)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kerja cerdas Universitas Mulawarman (Unmul) Kalimantan Timur (Kaltim) dalam meningkatkan inovasi di wilayahnya. Upaya peningkatan inovasi tersebut dilakukan melalui kegiatan penganugerahan Multy Award yang diberikan kepada kabupaten/kota di Kaltim atas program unggulan atau inovasi yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masing-masing daerah.

“Ini merupakan praktik cerdas di mana universitas memberikan langkah yang sangat-sangat progresif, inisiatif dan melakukan terobosan sehingga universitas bisa mengkoordinir pelaksanaan pemberian award untuk pembangunan pelayanan publik dan inovasi di pemerintah daerah,” ungkap Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, Yusharto Huntoyungo saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam acara Malam Penganugerahan Multy Award Tahun 2023 di Hotel Puri Senyiur Samarinda pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Yusharto melanjutkan, peningkatan ekosistem inovasi di daerah memerlukan kolaborasi pentahelix antar stakeholder. Setiap pihak dapat mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Peran universitas sebagai lembaga pendidikan misalnya dapat mengembangkan budaya inovasi melalui peningkatan kajian atau penelitian.

“Kami juga terus mendorong semua pemerintah daerah di Indonesia untuk melakukan inovasi dan setiap tahun pun kita memberikan penghargaan terhadap daerah terinovatif melalui Innovative Government Award yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2018,” terangnya.

Pemberian penghargaan terhadap daerah yang telah berinovasi baik di tingkat lokal maupun nasional perlu terus digalakkan karena hal tersebut dapat memacu daerah meningkatkan inovasi di wilayahnya masing-masing. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Pemerintahan daerah di tempat masing-masing dan diharapkan akan menimbulkan inovasi-inovasi baru membentuk ekosistem inovasi pada pemerintah daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah menerima Summa Cumlaude dalam penganugerahan Multy Award. Penghargaan tersebut diberikan atas berbagai program pembaharuan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara. “Selamat kepada Kabupaten Penajam Paser Utara yang sudah menerima summa cumlaude untuk award yang dilaksanakan oleh Universitas Mulawarman,” ujarnya.

Penghargaan yang diraih Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan bukti atas keberhasilan berbagai upaya pembaharuan dalam menyosong menjadikan daerah tersebut sebagai ibu kota baru menggantikan Jakarta. “Kami berharap inovasi-inovasi ini akan berkelanjutan dan dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang akan semakin kompleks untuk daerah Penajam Paser Utara karena akan menjadi lokasi ibu kota negara,” pungkasnya.

(PD/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait