Kapolres Kubu Raya Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Pondok Pesantren Se-Kalimantan Barat

Kamis, 9 Maret 2023

Kubu Raya Kalbar,- (Nawacitalink.com)

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat diwakili Kasat Binmas Polres Kubu Raya AKP Prambudi, S.H, hadir dalam acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada hari, Rabu (8/3/2023).

Acara pembukaan MTQ dihadiri oleh Muspida, Ketua DPW Ikatan Pesantren Indonesia ( IPI) Kalbar, KH. Zuhdi, S.Pdi, Penceramah, AL Habib Umar Bin Idrus AL Khirid, Ketua MUI Kubu Raya, KH. Ahmad Zamroni Hasan, S.Ag., M.A, Ketua Panitia Pelaksana, DR. Saiful Bahri, M.Pd dan para peserta dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kalimantan Barat. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara pesantren dan juga untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran para santri.

Dalam sambutannya, Kapolres Kubu Raya melalui Kasat Binmas Polres Kubu Raya AKP Prambudi, S.H, menyampaikan dukungannya terhadap acara MTQ tersebut. Ia (Prambudi.red) menyatakan bahwa acara ini sangat penting dalam menjaga nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di Kalimantan Barat. Dirinya juga menghimbau agar para peserta dapat menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan persatuan dalam kegiatan MTQ ini.

Acara pembukaan MTQ ditandai dengan penampilan para santri yang membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dengan indah dan khusyu’. Selain itu, para peserta juga akan bersaing dalam beberapa kategori perlombaan, seperti hafalan Al-Quran, bacaan Al-Quran, dan tartil Al-Quran.

Diharapkan bahwa acara MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini akan berjalan dengan lancar dan sukses, serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta dan masyarakat umum.

Kegiatan MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini diikuti sebanyak 24 Pondok Pesantren dengan jumlah peserta sebanyak 130 santri/santriwati akan berlangsung selama tiga hari.

Acara ini juga mendapat dukungan dari beberapa pihak, seperti Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan organisasi Islam lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan MTQ ini diapresiasi dan dianggap penting oleh masyarakat Islam Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Kubu Raya melalui Kasat Binmas juga mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai dan memuliakan Al-Quran sebagai sumber ajaran dan pedoman hidup. Beliau berharap bahwa kegiatan MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada Al-Quran dan memperkuat ikatan silaturahmi antara umat Islam di Kalimantan Barat.

Acara pembukaan MTQ ditutup dengan doa bersama dan harapan agar acara ini dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta dan masyarakat Kalimantan Barat.

Selain itu, dalam acara pembukaan MTQ tersebut juga diumumkan beberapa sambutan dari beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat yang memberikan dukungan dan apresiasi pada acara ini. Mereka menekankan pentingnya menjaga dan memperkuat nilai-nilai keislaman serta memperkuat ukhuwah Islamiyah dalam kehidupan sehari-hari.

Acara MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini diharapkan dapat menjadi ajang yang memperkuat rasa persaudaraan, meningkatkan pengetahuan dan penghayatan terhadap Al-Quran, serta memberikan inspirasi bagi para santri dan masyarakat Kalimantan Barat dalam mengamalkan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

Sebagai informasi tambahan, acara MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini juga diselenggarakan dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan para peserta dan pengunjung. Pihak kepolisian setempat juga turut berperan aktif dalam mengawal dan mengamankan jalannya acara MTQ ini.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Kubu Raya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, panitia, dan pihak-pihak terkait yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini. Beliau berharap bahwa acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kalimantan Barat dan seluruh umat Islam di Indonesia.

Acara pembukaan MTQ tingkat Pondok Pesantren se-Kalimantan Barat ini berakhir dengan harapan agar acara ini dapat berjalan dengan sukses dan membawa manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

(Humas_ReKR/Yuli)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait