IKN Nusantara Meningkatkan Semangat Duta Pemuda Balikpapan Cetak Pemuda Berkualitas

Sabtu, 28 Januari 2023

Ket Photo: (Muhammad Ali Wafa Duta Pemuda Balikpapan)

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim), tentunya memberikan banyak tempat dan ruang bagi pemuda untuk berkreativitas guna menuangkan berbagai masukan serta ide-ide cemerlang.

Ya, hal itu disampaikan oleh Duta Pemuda Kota Balikpapan, Muhammad Ali Wafa. Ia berkeinginan agar para pemuda bisa memberikan dampak positif bagi Kota maupun IKN yang akan datang.

Dia mengaku, kelompoknya menyambut IKN dengan sangat bahagia, di mana kehadiran ibu kota baru itu merupakan suatu berkah bagi para pemuda untuk meningkatkan banyak hal dan aspek, serta dapat memberikan dampak positif bagi Kota Balikpapan maupun IKN ke depannya.

“Kami Duta Pemuda siap menyambut IKN, dan siap membina para pemuda Kalimantan Timur terkhusus untuk dapat memberikan dampak positif bagi Kota maupun daerah masing-masing,” kata Muhammad Ali Wafa, Kamis (26/1/2023).

Ali mengatakan, upaya yang dilakukan pihakmya dalam menyambut IKN yaitu, membina para pemuda dan mensosialisasikan apa saja yang telah mereka hadapi ditahun 2022, juga tantangan-tantangan yang sekiranya didapatkan pada 2023 ini.

Agar para pemuda tersebut yang akan menghadapi IKN, lanjutnya, mendapatkan survive dan memberikan dampak baik untuk masyarakat sekitar maupun sekolah, atau secara akreditasi akademik, maupun non akademik.

“Tantangan yang kami hadapi sebagai Duta Pemuda adalah untuk meyakinkan dan membina para pemuda untuk bersaing dan berkompetisi dengan para pendatang yang akan berimigrasi ke Balikpapan. Supaya bagaimana mereka (para pemuda Balikpapan) tetap bisa menuangkan ide-ide kreatif mereka dan tetap menjadi tuan di daerah sendiri,” tegasnya.

Kendati begitu, selain bersiap mengatasi tantangan, kata dia, perpindahan IKN juga menghadirkan dampak positif bagi para pemuda yakni terbukanya lapangan pekerjaan, dan banyaknya sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan Pemerintah untuk membina para calon penerus.

“Kami harapkan semoga para pemuda bisa dilibatkan dalam pembangunan dan kegiatan Otorita IKN, agar bisa memberi dampak positif dan dampak yang lebih besar nantinya untuk IKN di Kalimantan Timur,” harapnya.

Ali menambahkan, sebagai Duta Pemuda Balikpapan di mana kota Beriman sebagai gerbang dan juga penyangga IKN, ia sejatinya siap mendukung dan siap mengawal pembangunan IKN untuk bisa mencapai target pada Tahun 2024.

(Bahri)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler