Hadirnya IKN Nusantara Berdampak Positif Meningkatkan Perekonomian di Kalimantan Timur

Selasa, 27 Desember 2022

Ket Photo : (Ardan Ketua DPC Laskar Gepak Balikpapan)

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Laskar Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Laskar Gepak) DPC Kota Balikpapan menyambut baik dengan adanya perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur khususnya yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Laskar Gepak DPC Kota Balikpapan Ardan. Ia berpandangan bahwa hadirnya IKN sangatlah baik dan memberikan dampak yang positif bagi Balikpapan yang merupakan Kota penyangga IKN Nusantara.

“Bahwa kami (Gepak Balikpapan) menganggap perpindahan itu sangat baik, dan secara langsung tentunya dampaknya yang dapat berimbas terhadap Kota Balikpapan khususnya,” ungkapnya pada Senin (26/12/2022).

Menurut Ardan, secara beban ekologis Kota Jakarta saat ini sangat padat, oleh karena itu, secara tidak langsung juga menguatkan ketahanan sandang dan pangan masyarakat yang berada di Kalimantan Timur.

“Kami masyarakat asli khususnya yang berada di Kalimantan Timur, dalam hal ini juga ingin ikut mengambil kesempatan dengan adanya pembangunan serta masuknya pemerintahan yang baru kepada daerah kami yaitu Kalimantan Timur khususnya di Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Ia mengatakan, kesiapan pihaknya dalam menyambut IKN yakni tentunya sebagai masyarakat khususnya warga Kaltim sangat antusias dalam menyambut dan sangat mengapresiasi hadirnya IKN yang berada di PPU.

Dan sebagai masyarakat Balikpapan khususnya, Gepak Balikpapan sejatinya sangat siap menyambut perpindahannya IKN ke daerah kami.

“Dalam hal ini kami juga tidak akan mengesampingkan dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah kami, guna siap bersaing dan berkompetensi saat IKN terbentuk,” ucapnya.

Adapun upaya lain dalam menyambut IKN, Ardan berharap Gepak Balikpapan dapat dilibatkan dalam pembangunan IKN. Kendati begitu, ia juga berharap adanya peningkatan kompetensi SDM yang diadakan oleh pemerintah, agar sebagai masyarakat lokal khususnya di Kalimantan Timur dapat dilibatkan sepenuhnya oleh pemerintah.

“Keterlibatan kami kemungkinan bisa kami apresiasi mulai dari tahap pembangunan dan juga dilibatkan dalam struktur pemerintahan IKN,” sambungnya.

Ia menyebutkan tantangan ketika berpindahnya IKN ke Kaltim merupakan lompatan besar, oleh karenanya sebagai masyarakat lokal, pihaknya sedari dini harus sudah mempersiapkan SDM untuk dapat bersaing saat nanti kompetensi yang ada dari luar pulau Kalimantan datang masuk ke wilayah IKN dan sekitarnya.

“Maka kami sebagai masyarakat lokal harus siap berkompetensi dalam segi pembangunan IKN dan juga pemerintahan IKN kami, agar dapat terlibat,” tegasnya.

Untuk kesiapan lain dari organisasi Laskar Gepak untuk IKN, kata dia, yang pertama Laskar Gepak DPC Balikpapan Siap mengawal pembangunan IKN serta mendukung pemerintah sampai dengan proyek selesai.

“Dampak positif dengan adanya IKN di daerah kami yang dirasakan sangatlah terasa saat ini, karena dalam berbagai aspek pembangunan yang dapat menyerap pekerja-pekerja lokal dan SDM kami khususnya yang berada di Kaltim itu dapat terserap dan juga dapat meningkatkan perekonomian daerah,” tuturnya.

Pria yang kerap disapa Ardan menambahkan, Laskar Gepak Kota Balikpapan dan umumnya yang berada di Kaltim adalah sebuah organisasi Gerakan Pemuda Asli Kalimantan. Dengan begitu, pihaknya siap bersinergi bersama TNI Polri untuk menjaga kondusifitas, agar pembangunan IKN dapat berjalan lancar.

“Dan sekiranya jika ada oknum-oknum yang mengganggu pembangunan IKN, maka kami Laskar gepak DPC Balikpapan siap menjadi garda terdepan dan benteng utama untuk menghalau. Dan kami siap mendukung dan mengawal pembangunan IKN Nusantara agar dapat selesai sesuai dengan target dan waktu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia,” Pungkasnya.

(Bahri)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler