Berikan Pembekalan Kader Bela Negara, Sekjen Kemendagri Ajak Para Aparatur Bumikan Pancasila

Minggu, 19 Februari 2023

Bukittinggi,- (Nawacitalink.com)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengajak jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk membumikan Pancasila. Menurutnya, Pancasila merupakan dasar negara yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa setelah melalui perundingan panjang.

“Kalau Kawan-Kawan membaca tentang sejarah, rapat-rapat BPUPKI, dasar negara, dan bentuk negara memakan waktu yang sangat panjang. Baru sampailah kita pada kesimpulan kita menggunakan Pancasila dan negara kita republik,” terang Suhajar pada kegiatan Pembekalan Kader Bela Negara Tingkat Madya bagi Eselon I dan II Pemprov Sumbar bersama Akademi TNI di The Balcone Hotel and Resort, Bukittinggi, Sumbar, Sabtu (18/2/2023).

Dia menekankan para ASN, khususnya di lingkungan Provinsi Sumbar, agar terus bersatu dan menghayati nilai-nilai Pancasila. Terlebih, di masa silam, para tokoh yang menyepakati adanya Pancasila merupakan dari kalangan religi, termasuk dari Provinsi Sumbar dan sekitarnya.

“Jadi tolong kita kawal ini (Pancasila), karena sumbangsih orang-orang Sumatera pada waktu itu, itu terutama pemikirannya banyak dari Sumbar bersama Sumut (Sumatera Utara),” tambah Suhajar.

Dia menegaskan, upaya membumikan Pancasila merupakan hal yang perlu dilakukan. Sebab upaya ini dapat bermakna sebagai langkah menghormati para pendiri bangsa yang telah mengorbankan kepentingan suku dan bangsa masing-masing demi lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, Suhajar kembali mengimbau seluruh pihak agar terus kompak dan bersatu. Dia juga meminta seluruh anak bangsa mendukung upaya pembumian Pancasila sebagaimana yang telah diputuskan oleh para pendiri bangsa, agar tidak terjebak pada pola pikir sektarian dan kedaerahan.

“Nah inilah latar belakang tanggung jawab kita generasi saat ini, kenapa kata-kata bela negara ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Mempertahankan Pancasila ini, mempertahankan negara kesatuan untuk negara kita adalah bagian yang luar biasa,” pungkas Suhajar.

(Pd/Red)

Puspen Kemendagri

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler