Bambang Suryawan : Macan Borneo Kota Balikpapan Siap Kawal Pembangunan di IKN Nusantara

Sabtu, 30 Juli 2022

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), sangat berpengaruh terhadap masyarakat Kalimantan.

Bambang Suryawan, selaku Ketua Umum DPP Masyarakat Cendikiawan Borneo (Macan Borneo) Kota Balikpapan menerangkan terkait pemindahan IKN di Kab. Penajam Paser Utara Provinsi Kaltim.

Dikatakannya, dengan ditetapkannya IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Sepaku, Kalimantan Timur, pada dasarnya kami dari Ormas Macan Borneo menyambut positif dan akan mempersiapkan SDM yang ada di Ormas kami untuk bersaing nanti ke depannya.

” Selain menyiapkan SDM yang mumpuni, kami juga menyiapkan beberapa UMKM yang sudah jalan dari anggota kami yang ada di Macan Borneo agar bisa ikut andil dalam mendukung IKN, ” ucapnya kepada awak media (29/07/2022).

Pria yang merupakan purnawirawan TNI menambahkan, bahwa terinformasi sekitar 200 ribu tenaga kerja dari luar Kalimantan akan datang ke Kalimantan Timur, makanya kami dari Ormas Macan Borneo juga siap bersaing dengan orang-orang yang datang, dalam artian juga mereka membantu proses IKN.

Suryawan menegaskan, Kami sebagai Ormas Kalimantan dan garda terdepan siap menjaga keamanan IKN ke depannya dari gangguan baik masyarakat luar atau pendatang yang akan merusak pembangunan IKN.

” Dengan ini kami berharap pemerintah bisa mensupport kami, karena kami dalam hal ini sebagai masyarakat lokal, Ormas lokal atau Ormas Kalimantan yang berdiri di Kalimantan sendiri, kita menjaga tempat atau wadah kita sendiri apalagi kita dengan bangga akan dibangunnya IKN di wilayah kami di Kalimantan,” tegas Suryawan.

Selaras dengan Suryawan, Selaku Wakil Ketua Macan Borneo Balikpapan, Mulila Bangkram, menambahkan Adapun harapan selaku masyarakat lokal Kalimantan, berharap kami juga ikut andil untuk pembangunan IKN dan dengan tetap memperhatikan budaya-budaya agar tetap dilestarikan, hutan-hutan yang ada juga tetap terjaga walaupun pembangunan IKN ini berjalan.

Selain itu, dituturkannya, kami juga siap membantu TNI, Polri dan Pemerintah untuk mendukung kegiatan pembangunan IKN, menjaga kondusifitas agar IKN ini bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar.

” Kami juga perlu mengantisipasi adanya potensi kerawanan dengan hadirnya banyak manusia yang datang ke Kalimantan Timur yang pastinya nanti akan timbul seperti kemacetan dan tingkat kriminalitas yang tinggi, kami siap mengawal dan membantu pemerintah jika ada hal yang memang bisa kami bantu, ” ungkap Mulila

Selanjutnya, ” Kami dari Ormas Macan Borneo siap sebagai garda terdepan mengawal IKN jika ada pihak-pihak lain yang ingin merusak atau menggagalkan untuk pelaksanaan pembangunan IKN, ” pungkasnya.

(Sb/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait