Adanya IKN Nusantara Mendorong Peningkatan Sarana Fasilitas dan Pelayanan Hotel Zurich Balikpapan

Minggu, 22 Januari 2023

Ket Photo: (April Asyriansyah GM Hotel Zurich Balikpapan)

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Mengenai pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim), General Manager (GM) Hotel Zurich Balikpapan, April Asyriansyah berpandangan bahwa, hal itu sangat berdampak positif khususnya bagi warga Balikpapan sebagai pintu gerbang utama bagi para pengunjung yang ingin ke Ibu Kota baru tersebut.

“Kunjungan tamu kita setahun ini meningkat drastis khususnya dari luar kota, yang ingin melihat langsung titik nol yang sudah diresmikan langsung oleh pemerintah di IKN,” ujar April Asyriansyah, Sabtu (21/1/2023).

April mengaku, dampak positif pun dirasakan bagi pelaku perhotelan. Ya, sebelum IKN digaungkan, gambaran presentasi tamu yang datang ke Hotel Zurich Balikpapan rata-rata city Okupansi itu 70 persen, namun setelah penetapan IKN sudah mulai meningkat sekitar 92 persen.

“Sebelum adanya IKN Okupansi hotel kami masih di angka 70 persen, namun di bulan Juni hingga bulan Desember kemarin tahun 2022 kita meningkat mencapai 92 persen,” jelas April.

“Perkembangan Hotel sejauh ini semakin bagus dari tahun sebelumnya di mana kita terdampak covid-19. Di tahun 2022 hingga awal 2023 perkembangan Hotel makin meningkat dengan kedatangan-kedatangan tamu dari luar kota untuk melihat langsung ibu kota yang akan dibangun,” tambahnya.

Diterangkannya, dampak positif dengan adanya IKN itu yakni, Hotel Zurich sering kedatangan tamu-tamu dinas, instansi pemerintahan maupun Badan Otorita IKN, untuk melakukan meeting-meeting dari Dinas Pemprov maupun dari pusat.

Selain itu, Okupansi meningkat dengan banyaknya kegiatan meeting, seminar, yang diselenggarakan oleh pihak-pihak pusat maupun daerah yang sering berdatangan untuk melihat secara langsung pembangunan IKN.

“Kami memiliki 112 kamar dengan 2 ruangan Ballroom dengan satu fasilitas tambahan yaitu ruang fitnes dan nanti kita akan mengadakan penambahan ruang meeting lainnya,” sambungnya.

Adapun Tantangan pihaknya dalam menyambut perpindahan dan pembangunan IKN, kata dia, Hotel Zurich Balikpapan harus mensupport berbagai tamu yang datang dari luar kota maupun dari pusat dengan pelayanan seperfect mungkin.

“Persiapan kami dalam mengatasi kedatangan-kedangan migrasi dari luar Kota Balikpapan dan Kalimantan, kami akan coba membuat satu gerakan lagi yaitu pembuatan rooftop dan penambahan kamar serta merenovasi restoran maupun Ballroom kami yang ada. Karena, Hotel Zurich Balikpapan mendukung dan menyambut dengan baik adanya ibu kota nusantara yang dibangun di Kalimantan Timur,” akunya.

“Kami dari sektor perhotelan sangat mendukung dan mensupport adanya pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur,” pungkasnya.

(Bahri)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait