Adanya IKN Nusantara Akan Mensejahterkan Masyarakat Lokal

Sabtu, 21 Januari 2023

Ket Photo: (Bambang Suryawan Bsc Ketua Macan Borneo)

Balikpapan,- (Nawacitalink.com)

Ketua Umum Masyarakat Cendikiawan Borneo (Macan Borneo), Bambang Suryawan Bsc sejatinya menyambut baik dengan Hadirnya ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ia menilai, adanya Ibu Kota baru tersebut, kedepannya bisa mensejahterakan masyarakat-masyarakat lokal sekitar khususnya Balikpapan sebagai kota penyangga serta meliputi Tenggarong dan Samarinda.

“Kami dari Macan Borneo sudah siap menyambut IKN hadir di Kalimantan Timur khususnya Balikpapan sebagai pintu gerbang penyangga. Karena masuknya ke IKN otomatis melewati pintu gerbang di Kota Balikpapan,” kata Ketua Umum Masyarakat Cendikiawan Borneo (Macan Borneo), Bambang Suryawan Bsc, Jumat (20/1/2023).

Menurut Bambang, lanjutnya, mungkin kedepannya perlu menambah Sumber Daya Manusia (SDM), walau sementara ini dilihatnya telah ada kegiatan pelatihan-pelatihan dari awal hingga akhir tahun 2022 di daerah Penajam Paser Utara.

Kendati begitu, kata dia, upaya yang dilakukan Macan Borneo untuk SDM yang sudah terlatih dan mumpuni itu bisa diandalkan untuk dapat direkomendasikan kepada Pemerintah agar nantinya dilibatkan menjadi anggota atau karyawan daripada Otorita yang sudah berjalan saat ini.

Apalagi, sekarang ini sudah terdapat kantor Otorita IKN di jalan Mulawarman Balikpapan. Maka dari itu SDM lokal juga diharapkannya agar dilibatkan untuk proyek yang ada di IKN Nusantara.

“Jadi yang tenaga-tenaga ahli atau SDM-SDM yang sudah mumpuni tersebut, kalau bisa kami mohon kepada Pemerintah atau pihak Otorita untuk dilibatkan dikegiatan proyek IKN,” ujarnya.

Meski demikian, Bambang meyakini akan adanya tantangan SDM yang sudah terlatih dari luar daerah seperti Jawa, Sumatera dan sebagainya.

“Tapi kita tidak kalah, tidak menutup kemungkinan juga orang-orang lokal banyak yang SDM nya sudah di atas rata-rata, jadi bahkan proyek luar negeri pun pernah mereka tangani,” akunya.

“Semoga pemerintah pusat bisa mendengar untuk penyampaian kami. Kami dari lokal khusus Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan banyak SDM-SDM yang mumpuni yang bisa di ikutkan di proyek IKN,” sambungnya.

“Untuk IKN, dampak positifnya banyak sekali sudah kita rasakan selama yang saya ikutin sekitar 6 bulan sudah ada menyerap tenaga kerja, baik tenaga kerja yang skill maupun non skill untuk proyek IKN Nusantara,” tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan IKN, dia menegaskan, bahwa Macan Borneo Ormas asli Kalimantan siap bersinergi dengan TNI – Polri untuk menjaga kondusifitas IKN Nusantara. Dan siap maju terdepan apabila ada gangguan dari luar ataupun lokal yang meresahkan.

“Kami siap dari Macam Borneo jadi garda terdepan, Kami pun siap mengawal pembangunan IKN sampai rampung. Dan itulah yang kami harapkan sampai nanti selesai atau berakhirnya nanti pembangunan akan Pemerintah Pusat dipindah ke IKN,” pungkasnya.

(Bahri)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait