Bupati Launching Program Penangkar Bibit Sawit Unggul dan Mobil PSR Lahat Bercahaya

Minggu, 27 November 2022

Lahat Sumsel,- Nawacitalink.com)

Adapun agenda Launching Program Penangkar Bibit Sawit Unggul dan Mobil PSR Lahat Bercahaya berlangsung di Kelurahan Sari Bunga Mas Kecamatan Lahat pada Senen,26/11/2022.

Bupati Lahat Cik Ujang melaunching program penangkar bibit sawit unggul dan mobil operasional PSR Lahat Bercahaya. Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0405/Lahat Letkol. Inf. Toni Oki Priyono.S.IP, Kapolres Lahat yang diwakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Chandra, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Agus Darwa, Perwakilan Sampoerna Agro, Ir Herman Sembiring, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut,. M.M, Ketua GOW Hj. Sumiati Haryanto, Ketua Dhama Wanita Persatuan Ria Chandra, Kepala OPD, Camat, Kades, Kelompok Tani Ngudi Rahayu 2 serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Perkebunan Lahat, Vivi Anggraini dalam sambutannya melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi yang dilaksanakan Dinas Perkebunan Lahat dalam peningkatan produksi, produktivitas dan mutu hasil usaha perkebunan rakyat, program ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Lahat. Semoga dengan di launchingnya program penangkaran sawit rakyat akan menjadi momen perjuangan kelompok tani Ngudi Rayahu 2, menjadi penangkar bibit sawit unggul yang ada di Desa Saribunga Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat dalam penyediaan bibit sawit unggul, untuk menciptakan budidaya perkebunan yang berkelanjutan.

Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahannya mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Lahat “Pemerintah mendukung penuh kepada penangkar bibit sawit unggul kelompok tani Ngundi Rahayu II dalam melaksanakan UU dan peraturan menteri pertanian tentang produksi, sertifikasi, peredaran dan pengawasan peredaran benih perkebunan. semoga momen ini dapat memotivasi penangkar-penangkar lain untuk berbenah dan belajar untuk memakai bibit unggul yang baik “.

Sementara itu Direktur PT.Bina Sawit Makmur Ir.H.Zulherman Sembiring sebagai salah satu stakeholder yang terlibat mengutarakan bahwa benih bibit sawit unggul memiliki 3 komponen yang penting untuk kesejahteraan dalam bidang sawit ini diantaranya benih yang unggul dan jelas,di tanam pada lingkungan yang sesuai dan bagaimana melakukan kultur tekhnis.

Pada kesempatan ini dari perusahaan akan membina para petani sawit menuju kemakmuran.
“Salah satu bagian dari PT.BSM nantinya akan memberikan pendampingan kepada kelompok tani mulai dari bagaimana cara mengelola pembibitan sampai dengan penanaman di lapangan.Mudah-mudahan launching ini akan menjadi pemicu bagi kelompok tani yang lain untuk dapat meningkatkan penangkaran bibit sawit unggul.”tegasnya.

(Rls/Red)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait