1017 PPS Se’kabupaten Pandeglang Resmi Di Lantik KPU Pandeglang

Selasa, 24 Januari 2023

Pandeglang,- (Nawacitalink.com)

Sebanyak 1017 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 telah dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Pandeglang dan terpilih 3 orang PPS dari masing-masing Desa dan Kelurahan yang akan ditempatkan di 326 Desa dan 13 Kelurahan serta akan melaksanakan tugas selama satu tahun kedepan.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Suja’i selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, selepas melantik anggota PPS di Alun-alun Kabupaten Pandeglang, Selasa (24/01/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM, Kapolres Pandeglang, Perwakilan Dandim, perwakilan Forkopimda Pandeglang, para Komisioner KPU Kabupaten Pandeglang, serta para camat.

Menurut Ahmad Suja’i pengisian anggota PPS tersebut telah melalui tahapan seleksi selama satu bulan, mulai dari pendaftaran melalui aplikasi SIAKBA, seleksi administrasi berkas pendaftaran, seleksi CAT yang dilakukan online secara nasional, kemudian disaring 9 besar, dan dilakukan tes wawancara.

Ia menambahkan sebelum diumumkan, calon peserta diberi waktu selama dua hari untuk mendapat masukan dan tanggapan dari masyarakat, agar mengetahui rekam jejak masing-masing calon. Sehingga peserta yang akan dilantik telah sesuai dan transparan.

Dia mengatakan tugas dari PPS adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu  di tingkat Desa yang ditetapkan oleh KPU melalui PPK, baik KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota.

Selain itu PPS hendaknya melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu yang berkaitan dengan tugas dan wewenang  PPS kepada masyarakat serta melakukan tugas lain yang diberikan KPU Kabupaten melalui PPK sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Setelah dilantik, PPS kita akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Pemerintah Desa untuk merencanakan hal-hal terkait seluruh tahapan pemilu di Desa masing-masing.”terangnya.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM dalam sambutannya menyatakan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara merupakan salah satu bentuk tahapan-tahapan dalam penyelenggaraan Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

Ia menjelaskan Panitia Pemungutan Suara memegang peranan yang strategis terutama dalam penyiapan seluruh personil yang akan terlibat dalam agenda penyelenggaraan Pemilu 2024. Ini merupakan entry point untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi dihadapan rakyat.

“Saya mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan Pemilu ke depan dapat mencerminkan Kabupaten Pandeglang memang betul-betul siap melaksanakan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga dari sisi kondusifitas.”terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pandeglang siap membantu dan bekerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dan mengelola situasi politik yang aman dan kondusif.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pandeglang saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh anggota PPS. Saya berharap dalam menjalankan tugas dapat bekerja secara profeional, mempunyai integritas tinggi, jujur, adil serta senantiasa menjaga netralitas untuk tidak menerima apapun terkait penyelenggraan pemilu.”pungkasnya.

(Endy Jibril)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler