Presiden Luncurkan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 23 Februari 2022

 

Jakarta,- (Nawacitalink.com)

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya mewujudkan transformasi energi menuju energi baru terbarukan (EBT), termasuk kendaraan listrik. Kepala Negara pun mengapresiasi perusahaan-perusahaan dalam negeri yang turut serta membangun ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara Peluncuran Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, yang digelar di SPBU MT Haryono, Jakarta, pada Selasa, 22 Februari 2022.

“Pemerintah sangat serius untuk masuk kepada energi baru terbarukan, termasuk didalamnya adalah menuju kepada kendaraan listrik. Oleh sebab itu saya sangat menghargai keberanian perusahaan-perusahaan yang tadi saya sebut para CEO-nya masuk dari hulu sampai hilir untuk memulai membangun ekosistem kendaraan listrik,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi berharap melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir tersebut, Indonesia dapat menjadi produsen kendaraan listrik. Selain itu, target emisi karbon berada di angka nol (net zero carbon) pada tahun 2060 mendatang juga dapat terwujud.

“Kita targetkan nanti di 2025, dua juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat kita Indonesia dan selanjutnya kita akan menuju ke pasar-pasar ekspor. Sekali lagi saya sangat menghargai upaya ini,” ungkapnya.

Tak hanya kendaraan listrik, Presiden juga mendorong produksi komponen pendukung dari kendaraan listrik untuk dapat terus ditingkatkan sehingga dapat berkompetisi dengan negara lain.

“Saya kira proses manajemen seperti ini yang diinginkan oleh pemakai-pemakai kendaraan dan itu akan menarik minat semua orang untuk masuk kepada kendaraan listrik karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi,” tandasnya.

Untuk diketahui, kolaborasi BUMN dan swasta tersebut merupakan langkah nyata guna mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia. Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), bersama Pertamina, Gogoro, dan Gesits, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Hal ini juga sejalan dengan isu prioritas yang dibawa Pemerintah Indonesia dalam G20 Summit, salah satunya terkait transisi energi yang berkelanjutan, termasuk percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Turut hadir pula Komisaris PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama, Komisaris GoTo Wishnutama Kusubandio, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, CEO Electrum Pandu Patria Sjahrir, dan CEO Gojek Kevin Aluwi.

(Red)

Jakarta, 22 Februari 2022
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M, Taqobbalalloohu Minna Wamingkum Wataqobbal Yaa Kariiim,…..Minal ‘Aidin Waf Faidzin, Ma’af Lahir dan Batin, Semoga Kita Bisa Dipertemukan Lagi Dengan Ramadhan Th Depan, Amin YRA

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah ( BAPENDA ) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1445 Hijriyah, Semoga Bulan Ramadhan Tahun Ini Menjadi Momentum Bagi Kita Untuk Memperbaiki Diri, Memperbanyak Amal Shalih Dan Menjemput Ampunan Alloh SWT, Aammiiun,…….

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran Beserta Staf : Badan Pendapatan Daerah ( BAPENDA ) Kabupaten Tangerang Mengucapkan : Selamat Hari Pers Nasional 2024, Dan HUT Ke 78 Tahun Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) ” Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa ” Sukseskan Pemilu 2024

Kami Segenap Keluarga Besar Pimpinan Beserta Jajaran dan Staf : Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Tangerang, Mengucapkan : Selamat Hari Jadi / Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang Ke 391 Tahun (13 Oktober 1632 – 13 Oktober 2023) Terus Berjuang Semakin Gemilang

Pemkab Tangerang Kembali Raih WTP Ke -15 Kali Berturut – Turut

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Terimakasih Atas Partisipasi dan Peran Serta Seluruh Wajib Pajak Kabupaten Tangerang Melalui Pembayaran Pajak Daerah

DISPORBUDPAR Kabupaten Tangerang Mengucapkan Selamat Hari Ibu Yang Ke 94 Th 22 Desember 2022

Kapolri Hadiri Tradisi Keceran

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler