Kapolsek Pondok Aren Jadi Imam Shalat Jumat di Masjid Al Hidayah Pondok Kacang Barat

Sabtu, 30 September 2023

Tangerang Selatan,- (Nawacitalink.com)

Kapolsek Pondok Aren Kompol Bambang Askar Sodiq tampil menjadi imam shalat Jumat di Masjid Al Hidayah yang berada di Jalan Masjid 2 RT/RW 04/05 Kelurahan Pondok Kacang Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat 29 September 2023.

Dalam kesempatan ini, Kompol Bambang AS didampingi oleh Wakapolsek Pondok Aren AKP Sukari, Perwira Polsek Pondok Aren Iptu S Pramono, dan Bhabinkamtibmas Pondok Kacang Barat Aiptu Hamdani.

Kompol Bambang AS menjelaskan, Masjid Al Hidayah adalah masjid yang ketiga ia menjadi imam shalat Jumat semenjak dilantik menjabat Kapolsek Pondok Aren di awal bulan ini.

“Masjid yang ketiga setelah menjabat Kapolsek, menjadi imam shalat Jumat di masjid Al Hidayah,” kata mantan Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta itu.

Selain Masjid Al Hidayah, dua masjid lainnya yang Kompol Bambang AS selaku Kapolsek Pondok Aren pernah menjadi imam shalat adalah Masjid Sabilul Mutaqien dan Masjid Nurul Yaqin.

Kompol Bambang AS menerangkan, hal itu sengaja dilakukan untuk memberikan bukti bahwa pihak kepolisian dekat dengan masyarakat termasuk tokoh-tokoh agama. Dengan kata lain kedekatan pihak kepolisian dengan tokoh agama ini bisa juga dibilang kedekatan antara ulama dan umaro.

Dengan demikian, imbuhnya, tugas kepolisian akan semakin mudah ketika akan memberikan imbauan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) guna mencegah terjadinya tindak kejahatan atau pidana.

Pencegahan, ungkap Kompol Bambang AS, penting dilakukan guna menekan biaya besar yang ditumbulkan bila terjadi suatu tindak pidana.

“Pencegahan lebih baik daripada sesuatu itu sudah terjadi. Karena bila sudah ada kejadian, cost atau biaya yang ditimbulkannya pasti akan lebih besar,” tegasnya.

Selain soal biaya, Kompol Bambang AS juga menekankan, pencegahan juga cerminan dari masyarakat modern. Jika kejahatan tindak pidana bisa dihindari, maka tak akan ada masyarakat yang tersakiti.

Dengan demikian, tangan hukum akan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena seperti ungkapan latin, salus populi suprema lex esto, yang artinya keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

“Konsep bertindak preemtif sebagai bagian dari mengedepankan mitigasi dalam suatu hal sangatlah penting, karena masyarakat modern akan lebih mengedepankan upaya pencegahan,” tandas Kompol Bambang AS. Lebih jauh, kesempatan shalat berjamaah tersebut juga dimanfaatkan perwira Polri dengan pangkat melati satu ini untuk menggandeng jamaah masjid menyongsong Pemilu 2024 yang aman dan damai.

(Wawan N)

banner-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

bannernew

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler